Penjelasan karbohidrat

PENGERTIAN KARBOHIDRAT, KLASIFIKASI KARBOHIDRAT DAN METABOLISME KARBOHIDRAT

Untuk beberapa zat diketemukan molekul sisa glukosa. Katabolisme Protein Struktur Protein Dilihat dari tingkat organisasi struktur, protein dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelas dengan urutan kerumitan yang berkurang. Penjelasan karbohidrat glukosa yang terjadi diubah menjadi amilum dan disimpan pada bagian lain, mislnya pada buah atau umbi.

Trehaltosa tidak begitu penting dalam milmu gizi, oleh karena itu akan dibahas secara terbatas. Sedangkan fungsi karbohidrat di dalam tubuh adalah: Oksidasi asam lemak juga melalui lintasan akhir yang dilalui karbohidrat, yaitu siklus krebs. Sedangkan lainya terdiri atas ratusan bahkan ribuan monosakarida.

Hal ini disebabkan sumber bahan makanan yang mengandung karbohidrat lebih murah harganya dibandingkan sumber bahan makanan kaya lemak maupun protein. Trehalosa juga terdapat dalam serangga. Lemak tidak dapat larut dalam air tetapi larut dalam eter, benzene, dan kloroform.

Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, dan Sumber Karbohidrat

Asam lemak yang dibuat oleh tubuh disebut asam lemak nonesensial, sedangkan asam lemak yang diperoleh dari makanan disebut asam lemak esensial Adapun fungsi lemak sebagai berikut: Selulosa bersifat seperti serabut, liat, tidak larut di dalam air, dan ditemukan terutama pada tangkai, batang, dahan, dan semua bagian berkayu dari jaringan tumbuhan.

Ketiga macam monosakarida ini mengandung jenis dan jumlah atom yang sama, yaitu 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen. Monosakarida Sebagian besar monosakarida dikenal sebagai heksosa, karena terdiri atas 6-rantai atau cincin karbon. Berbeda dengan struktur lainnya sterol mempunyai nucleus dengan empat buah cincin yang saling berhubunga, tiga diantaranya mengandung 6 atom karbon, sedang yang keempat mengandung 5 atom karbon.

Jadi ada bermacam-macam senyawa yang termasuk dalam golongan karbohidrat ini.

Kekurangan laktase ini menyebabkan ketidaktahanan terhadap laktosa. Karbohidrat pada glikoprotein umumnya berupa oligosakarida dan dapat berfungsi sebagai penanda sel. Pati terutama terdapat dalam padi-padian, biji-bijian, dan umbi-umbian. Contoh dari aldosa yaitu glukosa dan galaktosa.

Pengertian Karbohidrat

Kitin juga ditemukan pada dinding sel berbagai jenis fungi. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari berbagai molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta dapat bercabang-cabang yang disebut polisakarida, misalnya pati. Sebagai bahan baku respirasi adalah karbohidrat, asam lemak, dan asam amino dan sebagai hasilnya adalah CO2 karbon dioksida, air dan energi.

Reaksi tahap keempat dalam rangkaian reaksi glikolisis adalah penguraian molekul fruktosa-1,6-difosfat membentuk dua molekul triosa fosfat, yaitu dihidroksi aseton fosfat dan D-gliseraldehidfosfat oleh enzim aldolase fruktosa difosfat atau enzim aldolase. Lemak terdiri atas 2 komponen, yaitu asam lemak dan gliserol.

Sebagian ebsar di dalam usus besar difermentasi.

Pengertian dan Fungsi Karbohidrat, Lemak dan Protein

Diposting oleh. Terdapat dalam hewanberfungsi sebagai zat cadangan. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia gandum dan berasumbi-umbian kentang, singkong, ubi jalardan gula.

Butir-butir Pati Karbohidrat Secara biokimia karbohidratpengertian karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawa ini bila dihidrolisis.18/10/ · Dukung kami dengan tidak mendownload videonya dan hanya menyaksikannya di youtube.

Dapatkan dalam bentuk DVD keterangan lebih lanjut hub. 10/01/ · Pengertian Karbohidrat. Bentuk molekul pengertian karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana yang disebut monosakarida, misalnya glukosa, galaktosa, dan fruktosa/5.

27/11/ · E Learning Metabolisme Karbohidrat oleh elbfrollein.com Hajar,elbfrollein.com,elbfrollein.com(Oph),SpM BAGIAN BIOKIMIA / MATA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Karbohidrat tersusun atas unsur-unsur C, H, dan O yang dibentuk dalam proses fotosintesis oleh tumbuhan berhijau daun.

Golongan karbohidrat antara lain: gula, tepung, dan selulosa. Menurut ukuran molekul, karbohidrat dibedakan menjadi beberapa golongan sebagai berikut. KARBOHIDRAT yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.

Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O. karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan struktural & metabolik.

sedangkan pada tumbuhan untuk sintesis CO2 + H2O yang akan menghasilkan amilum / selulosa. Itulah pengertian karbohidrat, fungsi karbohidrat, dan sumber karbohidrat.

Karbohidrat sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita. Seimbangkan asupan karbohidrat, jangan terlalu berlebihan karena dapat mengakibatkan obesitas atau kegemukan dan jangan kekurangan .

Penjelasan karbohidrat
Rated 3/5 based on 34 review